BANDARQ BERITA KESEHATAN BERITA UNIK

Bahaya penyakit hemofilia

CeritaPianoQQ Lounge. Bahaya penyakit hemofilia bisa sampai menyebabkan kematian bila tidak ditangani dengan baik. Meski penyakit ini tak bisa disembuhkan, ada beberapa pengobatan yang berguna untuk mengatasi gejala hemofilia dan mencegah komplikasi yang mengancam nyawa.

bahaya hemofilia
Bahaya hemofilia bisa menyebabkan perdarahan internal yang tidak terlihat

Hemofilia adalah kelainan bawaan yang menyebabkan darah sukar membeku. Orang yang menderita hemofilia bisa mengalami perdarahan hebat dan lebih lama hingga berakibat fatal. Apa saja bahaya penyakit hemofilia dan cara mengatasi komplikasi yang mungkin terjadi? Simak ulasan lengkapnya berikut ini. 

Bahaya penyakit hemofilia

Bahaya penyakit hemofilia Normalnya, tubuh memiliki mekanisme untuk menghentikan darah saat perdarahan terjadi. Proses ini disebut dengan proses pembekuan darah. Selain trombosit, faktor pembekuan di dalam darah turut berperan agar prosesnya dapat berjalan dengan normal.Penderita hemofilia tidak memiliki cukup protein atau faktor pembekuan dalam darahnya, sehingga darah sukar membeku. Tak hanya perdarahan di luar tubuh, penderita hemofilia juga bisa mengalami perdarahan di dalam tubuh. Kondisinya itu bisa menyebabkan perdarahan terus terjadi. Akibatnya, kerusakan organ dan jaringan tubuh, serta kematian berisiko terjadi pada penderita hemofilia. Beberapa bahaya komplikasi hemofilia yang perlu diwaspadai antara lain:

Perdarahan internal

Perdarahan internal akibat komplikasi hemofilia bisa terjadi pada otot bagian dalam dan menyebabkan pembengkakan di anggota tubuh. Pembengkakan tersebut dapat menekan saraf dan menyebabkan nyeri hingga mati rasa. 

Kerusakan sendi

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, perdarahan internal bisa menyebabkan tekanan pada sendi. Hal ini bisa menyebabkan rasa sakit yang parah. Jika dibiarkan, kondisi ini bisa menyebabkan kerusakan atau radang sendi. 

3. Kesulitan bernapas 

Salah satu bahaya hemofilia yang dapat terjadi adalah kesulitan bernapas. Sebab, penderita hemofilia juga bisa mengalami perdarahan hingga mencapai tenggorokan dan area leher. Kondisi ini bisa berakibat fatal karena memengaruhi kemampuan seseorang untuk bernapas.

Infeksi 

Bahaya penyakit hemofilia lainnya adalah rentan terhadap infeksi. Pengobatan hemofilia yang melibatkan donor faktor pembekuan dari darah manusia mampu meningkatkan risiko infeksi virus seperti hepatitis C. 

Kelumpuhan 

Perdarahan akibat hemofilia bisa terjadi di seluruh anggota tubuh, termasuk otak. Perdarahan di kepala atau di otak pada penderita hemofilia bisa menimbulkan dampak yang bahaya, seperti kejang, kelumpuhan, bahkan kematian. 

Inhibitor 

Inhibitor merupakan komplikasi hemofilia serius dan bisa berakibat fatal. Sekitar 20% penderita hemofilia bisa menghasilkan antibodi (inhibitor) yang menghancurkan faktor pembekuan. Jika hal ini terjadi, pembekuan darah akan semakin sulit terjadi. Penderita hemofilia dengan inhibitor akan lebih sering mengalami banyak masalah kesehatan hingga mengakibatkan penurunan kualitas hidup. 

Masalah tulang

Dikutip dari HSS Jurnal, sebanyak 80% perdarahan abnormal pada kondisi hemofilia terjadi di sistem muskuloskeletal, atau disebut dengan hemarthrosis. Kondisi ini bisa menyebabkan berbagai komplikasi dan masalah pada tulang, seperti sinovitis kronis, kelainan bentuk tulang, hingga kerusakan tulang rawan. 

AGENt POKER BERKUALITAS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *