Uncategorized

Baru BAB sudah mulas lagi bisa jadi itu tenesmus

PianoQQ. Tenesmus bukanlah sebuah penyakit, melainkan gejala atau kondisi yang muncul akibat penyakit tertentu. Kondisi ini membuat Anda terus merasakan desakan untuk buang air besar meski baru saja melakukannya.

tenesmus sensasi ingin BAB terus menerus

Pernahkah Anda baru saja BAB tapi beberapa menit kemudian sudah merasa mulas dan ingin kembali ke toilet? Padahal, sebenarnya tak ada apa-apa lagi di dalam usus Anda. Jika hal tersebut terjadi, bisa jadi Anda mengalami tenesmus. 

Apa itu tenesmus? Ini dia segala informasi tentang tenesmus, penyebab, dan cara mengatasinya

Apa itu tenesmus

Tenesmus adalah sensasi ingin buang air besar terus-menerus meski usus Anda sebenarnya telah kosong. Mungkin Anda akan merasakan sensasi tidak nyaman keperut, kepanikkan, dan ketidaknyamanan selama buang air besar, serta merasa buang air besar tidak tuntas , padahal tidak ada atau hanya sedikit saja feses yang keluarkan.

Ini merupakan sensasi palsu yang membuat Anda inginbuang air besar terus, bahkan ketika tidak ada feses di rektum Anda. Orang yang mengalami tenesmus biasanya akan berusaha keras untuk mengeluarkan feses meskipun hanya sedikit, atau bahkan tidak ada. Akibat kondisi ini, tidak jarang penderita tenesmus bahkan mengeluarkan lendir dari anus.

Penyebab paling umum Anda merasa ingin buang air besar terus-menerus atau tenesmus adalah adanya perandangan pada rektum atau usus besar. Ketika rektum meradang dan berkontraksi, sedikit feses atau gas pun bisa menciptakan sensasi ingin buang air besar. Inilah yang menyebabkan tenesmus. Tenesmus biasanya alami orang penderita radang usus, seperti penyakit crohn atau kolitis ulserativa.

Selain itu, seorang asisten dosen dari Temple University di Filadelfia, menyatakan bahwa kondisi apa pun yang menyebabkan peradangan pada rektum bisa menjadi penyebab tenesmus. Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa penderita, penyakit menular seksual, seperti klamidia, dan orang yang telah menjalani terapi radiasi di daerah dubur untuk mengatasi kanker prostat juga bisa memicu peradangan rektum.

Cara Mengatasi tenesmus

Tenesmus muncul karena ada penyakit yang mendasarinya. Itu sebabnya, cara mengatasi tenesmus juga disesuaikan dengan penyebab yang mendasarinya. Dokter mungkin akan meresepkan obat yang dapat mengobati radang usus ataupun area anus yang mengalami peradangan.Sementara itu, pada penyakit radang usus yang sudah parah, tindakan operasi mungkin diperlukan. Selain beberapa cara di atas, dokter juga dapat merekomendasikan beberapa cara mengatasi tenesmus yang bisa Anda lakukan di rumah, antara lain

AGENT POKER TERPERCAYA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *