BERITA KESEHATAN

Manfaat Wedang Jahe bagi Kesehatan

PianoQQLOUNGE _ Manfaat Wedang Jahe bagi Kesehatan _ Tentunya jahe juga sudah di kenal sebagai rempah yang punya banyak khasiat oleh masyarakat sejak zaman dulu. Tidak heran jahe menjadi salah satu tanaman herbal yang paling banyak di jadikan obat tradisional.

Jahe atau minuman jahe menjadi favorit banyak orang selama musim dingin atau musim penghujan. Hal ini di sebababkan karena wedang jahe yang hangat dapat menghindarkan kamu dari kedinginan. Apalagi, jahe juga dapat di campurkan dengan bahan alami lainnya yang baik untuk kesehatan.

Manfaat wedang jahe tidak hanya untuk menghangatkan tubuh, tetapi juga menunjang kesehatan. Bahkan, beberapa masalah kesehatan dapat di atasi dengan mengonsumsi minuman jahe ini. Hal ini tentunya berkat kandungan nutrisinya yang baik untuk tubuh.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (3/1/2022) tentang manfaat wedang jahe.

Meredakan Nyeri

Manfaat wedang jahe yang pertama adalah sebagai pereda nyeri. Hal ini di dapatkan dari kandungan Gingerol dan Fenol yang merupakan senyawa kimia bersifat antinyeri dan dapat meredakan rasa sakit. Kedua senyawa tersebut berkhasiat meredakan gejala iritasi lambung, meredakan kram perut menstruasi, hingga nyeri otot setelah berolahraga.

Sebuah penelitian yang melibatkan 60 orang dewasa pengidap migrain melaporkan bahwa air jahe bekerja lebih baik meredakan gejala migrain jika di gunakan sebagai terapi tambahan, di bandingkan dengan hanya minum obat pereda nyeri saja.

Menghilangkan Mual

Manfaat wedang jahe berikutnya adalah untuk menghilangkan mual. Pamor jahe sebagai penghilang mual dan pencegah mabuk laut sudah tidak perlu di ragukan lagi. Minum air jahe juga bermanfaat untuk meredakan mual-muntah, termasuk yang muncul sebagai efek samping pemulihan setelah operasi, kemoterapi, dan kehamilan (morning sickness).

Melawan Peradangan Rematik dan Osteoarthritis

Manfaat wedang jahe juga dapat membantu mencegah dan mengurangi peradangan yang di sebabkan oleh nyeri sendi rematik dan osteoarthritis. Ini karena sejumlah komponen aktif dalam jahe, seperti gingerol, gingerdione, dan zingeron bekerja menurunkan zat alami pemicu peradangan dalam tubuh.

Mencegah Risiko Penyakit Kronis

Tubuh kamu bisa mendapatkan radikal bebas dari lingkungan sekitar, seperti paparan sinar matahari, radiasi, ozon, asap rokok, polusi udara dari asap knalpot, bahan kimia industri, serta makanan dan minuman yang kamu konsumsi. Jahe kering adalah sumber antioksidan tinggi yang berpotensi melindungi kamu dari efek buruk radikal bebas. 

Radikal bebas di tengarai menjadi faktor risiko dari berbagai penyakit kronis seperti tumor, kanker, penyakit jantung, berkurangnya kemampuan penglihatan, hingga gangguan saraf terkait usia (Alzheimer, Parkinson, dan penyakit Huntington). Sebuah penelitian menemukan bahwa manfaat wedang jahe bisa mencegah atau memperlambat gagal ginjal.

Mengurangi Reaksi Alergi

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa manfaat wedang jahe dapat meredakan reaksi alergi. Hal tersebut karena tanaman herbal ini memiliki efek antiradang yang mampu meredakan reaksi peradangan akibat alergi. Jahe juga mengandung oleoresin yang bekerja melawan peradangan.

Mengendalikan Kadar Gula Darah Penderita Diabetes

Banyak penelitian yang menyebutkan jahe mampu menurunkan kadar gula darah dan membantu mengatur respon insulin pada penderita diabetes. Orang-orang pengidap diabetes tipe 2 yang minum suplemen jahe mengalami penurunan gula darah puasa yang cukup drastis.

Selain itu, sifat antiradang dalam jahe juga dapat mencegah komplikasi diabetes, seperti retinopati, penyakit jantung, dan stroke. Peneliti melaporkan bahwa manfaat wedang jahe ini akan terasa lebih menguntungkan ketika di campur dengan bubuk kayu manis

SUMBR : PIANOQQ

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *